Selasa, 15 September 2015

Tempat Untuk Menjadi Anggota

Ringkasan Buku “The Purpose Driven Life” Rick Warren (Bab 17)

Anda dipanggil untuk menjadi anggota, bukan hanya percaya. Alkitab mengatakan “kita merupakan satu tubuh, rapih tersusun, turut dibangunkan, turut menjadi anggota-anggota tubuh, ahli-ahli waris, diikat menjadi satu, ditunjang menjadi satu dan akan diangkat bersama-sama,” 1 Kor. 12:12 (AITB). Meskipun hubungan Anda dengan Kristus bersifat pribadi, Allah tidak pernah bermaksud menjadikannya terpisah. Dalam keluarga Allah, Anda dihubungkan dengan semua orang percaya lainnya dan kita akan saling memiliki untuk selamanya.

Mengikut Kristus berarti menjadi anggota, bukan sekedar percaya. Kita adalah anggota-anggota tubuhNya, yaitu Gereja. Bagi Paulus, menjadi “anggota” gereja berarti menjadi organ penting dari suatu tubuh yang hidup, suatu bagian yang sangat diperlukan dan saling terkait dari Tubuh Kristus.

Agar organ-organ tubuh Anda memenuhi tujuannya, organ-organ tersebut harus dihubungkan dengan tubuh Anda. Hal yang sama berlaku bagi Anda sebagai bagian dari tubuh Kristus. Anda diciptakan untuk suatu peran kusus, tetapi Anda akan kehilangan tujuan kedua dari hidup Anda jika Anda tidak melekat pada sebuah gereja lokal yang hidup. Alkitab mengatakan bahwa seorang Kristen tanpa sebuah gereja adalah seperti organ tanpa tubuh, seekor domba tanpa kawan, atau seorang anak tanpa keluarga.

Anda membutuhkan sebuah keluarga gereja karena sebuah keluarga gereja menunjukan bahwa Anda adalah sungguh-sungguh orang percaya (Saya tidak bisa menyatakan diri sebagai pengikut Kristus jika saya tidak terikat pada satu kelompok murid tertentu), sebuah keluarga gereja mengeluarkan Anda dari keterasingan yang mementingkan diri sendiri (gereja merupakan laboratorium untuk menerapkan kasih yang penuh perhatian dan tidak mementingkan diri sendiri); sebuah keluarga  gereja membantu Anda mengembangkan otot-otot rohani Anda (kita tidak hanya membutuhkan Alkitab untuk bertumbuh, tetapi kita juga memerlukan orang-orang percaya); sebuah keluarga  gereja akan membantu menjaga Anda dari kemunduran (kita dipanggil dan diperintahkan untuk terlibat dalam kehidupan orang percaya lainnya; misalnya apabila Anda mengetahui seseorang sedang menyimpang secara rohani, maka menjadi tanggung jawab Anda untuk pergi kepada mereka dan membawa mereka kembali ke dalam persekutuan).

Tujuan-tujuan Allah bagi GerejaNya identik dengan kelima tujuanNya bagi Anda. Penyembahan membantu Anda memusatkan perhatian kepada Allah; persekutuan membantu Anda untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan; pemuridan membantu menguatkan iman Anda; pelayanan membantu menemukan talenta-talenta Anda; penginjilan membantu memenuhi misi Anda. Tidak ada apapun yang di bumi yang seperti Gereja!  

Refleksi Pribadi

Setiap orang yang telah memilih dan menerima menjadi pengikut-pengikut Kristus akan dipersatukan dengan tubuh Kristus dan gereja adalah tubuh Kristus. Jadi, siapa yang telah menjadi pengikut Kristus dipersatukan dalam “anggota” keluarga kerajaan Allah. Kenyataannya, seringkali di dalam persekutuan orang percaya/anggota gereja kurang menunjukan persekutuan yang harmonis; perpecahan, pertengkaran, perselisihan, permusuhan justru terjadi di antara anggota-anggota gereja. Padahal sebagai anggota gereja kita harus hidup dalam suasana yang penuh kasih mesra, saling membangun satu dengan yang lain, saling menjadi berkat bagi sesama. Apabila hal ini kita lakukan, maka Kristus yang adalah kepala gereja kita akan memberkati kita semua.

Gereja adalah kumpulan orang percaya,
Gereja adalah tubuh Kristus,
Dan Gereja yang hidup adalah gereja yang di dalamnya terjalin persekutuan yang Indah antara Kristus dan orang percaya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.