Selasa, 01 September 2015

Alasan Untuk Segala Sesuatu

Ringkasan Buku “The Purpose Driven Life” Rick Warren (Bab 7)





           Segala sesuatu adalah bagi Dia. Ia menciptakan alam semesta beserta isinya, termasuk Anda hanya bagi kemuliaanNya. Tanpa kemuliaan Allah, tidak akan ada apapun. Kemuliaan Allah adalah keberadaan Allah, ekspresi dari kebaikanNya dan dari semua sifat kekal hakikiNya yang lain. Kemuliaan Allah dapat Anda saksikan lewat karya ciptaanNya.

            Di seluruh alam semesta, hanya dua ciptaan Allah yang gagal mendatangkan kemuliaan bagiNya yaitu malaikat-malaikat yang berdosa dan kita (manusia). Segala dosa, pada dasarnya gagal memberikan kemuliaan kepada Allah. Lantas apa yang harus dilakukan manusia untuk mendatangkan kemuliaan bagi Allah? Yesus berkata kepada Bapa, “Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepadaKu untuk melakukannya,” Yoh 17:4 (AITB). Yesus menghormati Allah dengan cara memenuhi tujuanNya. Kitapun harus berbuat demikian. Banyak cara untuk mendatangkan kemuliaan bagi Allah, tetapi cara-cara tersebut dapat diringkas dalam lima tujuan Allah bagi kehidupan Anda yaitu :
1.     MenyembahNya (memuji, bernyanyi, berdoa kepada Allah, menikmatiNya, mengasihiNya dan memberikan diri kita untuk dipakai bagi tujuan-tujuanNya).
2.      Mengasihi orang-orang percaya lainnya (Anda telah menjadi bagian dari keluarga Allah, oleh karena itu Andapun harus mengasihi sesama anggota keluarga Allah lainnya).
3.       Menjadi seperti Kristus (cara kita berpikir, merasa dan bertindak. Semakin besar Anda berkarakter seperti Kristus, semakin besar Anda mendatangkan kemuliaan bagi Allah).
4.     Melayani orang lain dengan karunia-karunia kita (talenta, karunia, keahlian dan kemampuan, yang semuanya itu telah Allah berikan dan percayakan kepada kita).
5.       Memberitakan kepada orang lain tentang Dia (setiap orang yang telah mendengar kebenaran Allah, Allah ingin agar kita membagikannya kepada orang lain).

Refleksi pribadi
            Kehidupan manusia haruslah dipakai untuk memuliakan Tuhan. Namun terkadang, disadari atau tidak kehidupan manusia justru gagal mendatangkan kemuliaan Allah oleh karena sikap hidup yang penuh dosa (tidak taat beribadah, tidak peduli dengan kehidupan sesama, egois, mengejar karier hanya supaya ia dipuji dll). Dosa menjadi alat yang menjauhkan manusia dari kemuliaan Allah.  
            Satu-satunya cara agar kita dapat mendatangkan dan memancarkan kemuliaan Allah di bumi adalah dengan cara memenuhi tujuanNya. Tujuan Allah bagi hidup kita dapat kita temukan lewat FirmanNya yang hidup dan pengalaman iman kita bersamaNya. Muliakanlah Allah dalam hidupmu dengan menjauhkan dirimu dari dosa.


Segala sesuatu diciptakan untuk sebuah tujuan
dan tujuan itu adalah untuk memuliakan Allah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.