Jumat, 04 September 2015

Menjadi Sahabat-Sahabat Karib Allah

Ringkasan Buku “The Purpose Driven Life” Rick Warren (Bab 11)


           Allah ingin menjadi Sahabat baik Anda. Ini adalah sebuah kebenaran yang paling mengejutkan karena Allah yang Mahakuasa ingin menjadi Sahabat Anda!
Pada awalnya kita memiliki hubungan yang erat dengan Allah karena kita dijadikan untuk hidup di dalam hadiratNya terus-menerus, tetapi setelah kejatuhan manusia dalam dosa, maka hubungan yang ideal tersebut lenyap. Hanya beberapa orang dalam zaman PL yang mendapatkan hak istimewa untuk bersahabat dengan Allah seperti Musa dan Abraham yang disebut sebagai “sahabat-sahabat Allah,” Daud orang yang berkenan di hadapan Allah dan Ayub, Henokh, serta Nuh memiliki persahabatan yang mesrah dengan Allah.
             Kehadiran Yesus telah mengubah situasi tersebut. Dengan kematianNya di atas kayu salib, membuka jalan masuk langsung kepada Allah. Hubungan yang semula rusak, dipulihkan lagi. Oleh karena itu, persahabatan dengan Allah dimungkinkan hanya karena kasih karunia Allah dan pengorbanan Yesus.
            Allah sangat ingin agar kita mengenalNya secara Akrab dan menjadi sahabatNya. Untuk menjadi sahabat-sahabat Allah maka yang harus kita lakukan adalah : Melalui percakapan yang terus-menerus (berbagi pengalaman hidup Anda denganNya, melibatkan Allah dalam setiap kegiatan Anda, setiap percakapan, setiap masalah dan bahkan setiap pemikiran Anda) dan Melalui meditasi (merenungkan FirmanNya setiap hari). Doa membuat Anda berbicara kepada Allah; meditasi membiarkan Allah berbicara kepada Anda.


Refleksi pribadi
            Setiap orang tentu membutuhkan kehadiran “sahabat” dalam hidupnya sebab dengan kehadiran seorang sahabat kita bisa berbagi di kala suka dan duka, bisa saling menguatkan satu dengan yang lain dan terlebih lagi bisa perduli dengan kehidupan kita. Berbeda dengan Allah. Dia justru menawarkan diriNya untuk bersahabat dengan kita. Allah ingin bersahabat dengan kita bukan karena Dia membutuhkan kita tetapi karena Dia tahu bahwa kita tidak bisa hidup tanpa kehadiranNya. Allah sangat merindukan diri kita untuk menjadi sahabat-sahabatNya. Menjadi sahabat Allah berarti kita harus mengenalNya lewat FirmanNya dan berkomunikasi terus-menerus denganNya lewat doa-doa pribadi kita. Dia akan selalu ada dan mendengarkan seruan kita. Menjadikan Allah sebagai sahabat kita, maka apapaun yang kita hadapi di dunia tidak lagi menjadi sesuatu yang menakutkan karena kita tidak sendirian lagi menghadapinya.

Menjadi Sahabat Allah

Accepts you as you are, Forgives your mistakes
Menerimamu apa adanya, Memaafkan kesalahan-kesalahanmu
Gives unconditionally,  Helps you
Memberikan tanpa syarat, Menolongmu
Just “be” with you,  Keeps you close at heart
Hanya untuk bersamamu, Menyimpanmu di dalam hatiNya
Loves you for who you are, Makes a difference in your life
Mengasihi kau sebagaimana keberadaanmu, Membuat suatu perbedaan dalam hidupmu
Picks you up, Quiets your fears
Membuatmu menjadi lebih baik, Meredakan ketakutanmu
Raises your spirit, Understands you
Menaikkan semangatmu, Dapat memahamimu
Values you, Walks beside you
Menghargaimu, Berjalan di sisimu
Explains things you don’t understand
Menjelaskan hal-hal yang tidak kau mengerti
Zaps you back to reality
Membawamu kembali kepada kenyataan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.