Sabtu, 10 Februari 2018

YESUS MEMILIHKU UNTUK MENGHASILKAN BUAH DENGAN MENGASIHI SESAMA (YOH 15:9-17)

Image result for hidup menghasilkan buah   Image result for MENGASIHI SESAMA

Bapak/Ibu/Sdr/I yang dikasihi Tuhan………………….,

Jika kita hendak membeli sesuatu, entah itu di toko, di pasar atau di mana saja, tentu yang harus dilakukan adalah pertama-tama adalah kita harus tahu dulu apa yang kita butuhkan, lalu memilih-milih dari sekian banyak barang yang ada tempat tersebut, kemudian menetapkan mana yang akan kita beli dan sesudah itu barulah kita kembali ke tempat atau rumah kita masing-masing. Begitupun halnya yang terjadi dalam kehidupan beriman kita saat ini.

Bapak/Ibu/Sdr/I yang dikasihi Tuhan………………….,

            Membuat pilihan dan menetapkan sesuatu juga diceritakan dalam perikop bacaan kita saat ini, yang terambil dari Yoh 15:9-17. Di ayat 16 dikatakan bahwa “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu. Disini jelas bahwa Yesus telah memilih dan menetapkan kita. Dipilih dan ditetapkan untuk apa? Lebih lanjut di ayat 16 dikatakan : “Supaya kita pergi dan menghasilkan buah.” Buah yang seperti apa? Yaitu buah yang tetap, yang tidak gampang busuk sehingga akhirnya harus dibuang. Pergi dan menghasilkan buah yang dimaksudkan adalah yaitu supaya hidup kita dipakai untuk menjadi berkat bagi orang lain sehingga kehadiran kita di tengah-tengah dunia ini sungguh berdampak, tidak hanya bagi diri kita sendiri tetapi juga memiliki dampak bagi banyak orang. Buah yang dimaksudkan Yesus dalam perikop ini lebih tegas yaitu : “Supaya kita saling mengasihi” (Ay. 12) sebagaimana Yesus telah terlebih dahulu mengasihi kita. Mengasihi sesama dapat kita lakukan dengan cara mendoakan mereka yang memiliki pergumulan hidup, misalnya mendoakan yang sakit, menolong sesama yang membutuhkan bantuan kita sehingga beban mereka menjadi ringan, menghibur yang mengalami kesusahan dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk menunjukan kasih kita kepada sesama. Dan ingatlah, ketika hidup kita telah menghasilkan buah/ menjadi berkat bagi sesama, maka Firman Tuhan mengatakan kepada kita : “Maka apa saja yang kita minta kepada Bapa di Surga dalam nama Yesus pasti akan diberikan kepada kita.”  

Bapak/Ibu/Sdr/I yang dikasihi Tuhan………………….,

Melalui perikop perenungan saat ini, kita semua dingatkan kembali bahwa Yesus telah memilih dan menetapkan kita untuk menghasilkan buah yaitu dengan mengasihi sesama. Pertanyaannya adalah maukah kita hidup menghasilkan buah dengan mengasihi sesama? Jika ya, Apa yang akan kita lakukan saat ini ketika kita akan kembali dalam kehidupan kita masing-masing? Dan ingatlah ketika kita mau menjadi berkat bagi sesama dengan mengasihi mereka, maka Allah akan membalas semua yang sudah kita lakukan. Semoga Allah sumber segala berkat memampukan kita terus untuk menjalani hidup ini sehingga nama Tuhan senantiasa dipermuliakan. Tuhan Yesus memberkati kita semua, amin.

“Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah”
(Fil 1:22a)

Oleh Vicaris Iston Umbu Kura Lena, S.Si-Teol
Disampaikan dalam Khotbah Minggu, 11 Feb 2018
Di GKS Pusat Parakamaru-Mamboro-Sumba Tengah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.